PROPOSAL
RENCANA USAHA MARTABAK MINI

Di Susun Oleh :
Oni Ulfasari
2DF02
55212601
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
PERUSAHAAN
Pada zaman sekarang ini, makanan ringan sudah
bukan menjadi makanan sampingan yang hanya dijadikan sebagian orang
mengkonsumsinya. Namun saat ini makanan ringan merupakan kebutuhan sampingan
yang diutamakan karena konsumsi makanan masyarakat saat ini sangat besar.
Sehingga banyak sekali para wirausahawan baru yang bermunculan saat ini
menawarkan produk mereka yang menarik.
Salah satu makanan ringan yang sudah tidak
asing lagi dikalangan masyarakat yaitu martabak. Martabak sering dijadikan
cemilan di malam hari di tengah-tengah keluarga. Martabak banyak digemari dan
menjadi alternatif cemilan karena rasanya yang manis dan enak. Namun kebanyakan
martabak yang di jual di masyarakat memiliki ukuran yang besar dan bentuk yang
sama. Di sini kami ingin berinovasi dengan membuat suatu yang berbeda dari
martabak kebanyakan.
Yang membedakan
Martabak Mini dengan martabak lain :
1.
Ukurannya yang Mini
2.
Berbentuk Lingkaran
3.
Memiliki berbagai macam variasi rasa
4.
Harga terjangkau di semua kalangan
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 RUANG LINGKUP USAHA
Karena berdasarkan penelitia saat ini, banyak
makanan ringan yang dijual dipasaran tidak higienis dengan harga yang cukup
mahal. Namun kami ingin berinovasi membuat makanan ringan yang dapat menjamin
dan menjaga kualitas bahan baku yang digunakan, bergizi, serta harga yang
terjangkau serta berbeda yadri produk kebanyakan.
Dalam proses berjalannya usaha martabak mini ini,
perusahaan kami membentuk suatu bagan organisani yang sudah memiliki peranan
dan tanggung jawabnya masing-masing
2.2 IDENTIFIKASI USAHA
1.
|
Nama
Perusahaan
|
Martabak
Mini Company
|
2.
|
Bidang
Usaha
|
Kuliner
( Makanan Ringan)
|
3.
|
Jenis
Produk/Jasa
|
Martabak
Mini
|
4.
|
Alamat
Peresahaan
|
JL.
Dukuh Zamrut
|
5.
|
Nomer
Telphone
|
089614237603
|
6.
|
Alamat
Email
|
Martabakmini@yahoo.com
|
7.
|
Mulai
Berdiri
|
09
oktober 2013
|
2.3
STRUKTUR ORGANISASI
1.
|
Nama
|
Oni
Ulfasari
|
2.
|
Jabatan
|
Manager
|
3.
|
Tempat
Tanggal Lahir
|
Jakarta,
20 oktober 1993
|
4.
|
Alamat
Rumah
|
Jl.
Dukuh Zambrut
|
5.
|
Nomor
Telephone
|
089614237603
|
6.
|
Alamat
Email
|
Oni.ulfasari@ymail.com
|
7.
|
Pendidikan
Terakhir
|
SMA
|
8.
|
Pengalaman
Kerja
|
Wirausaha
|
Tugas Manager :
- pemilik
sekaligus pimpinan
-
bertanggung jawab teradap jalannya usaha
-
koordinasi, pengawas, dan mengarahkan seluruh kegiatan
- pengambil
keputusan
-sebagai
quality control
1.
|
Nama
|
Irma
Anita
|
2.
|
Jabatan
|
Production
Manager
|
3.
|
Tempat
Tanggal Lahir
|
Jakarta,
14 mei 1989
|
4.
|
Alamat
Rumah
|
Jl.
Dukuh Zambrut
|
5.
|
Nomor
Telephone
|
087814672536
|
6.
|
Alamat
Email
|
Irma.anita@yahoo.com
|
7.
|
Pendidikan
Terakhir
|
SMA
|
8.
|
Pengalaman
Kerja
|
Wirausaha
|
Tugas Production Manager :
- kepala
bagian produksi mengkondisikan pekerja di bawahnya untuk bekerja
sesuai
jobdis
-
bertanggung jawab terhadap persiapan dan proses produksi
-
bertanggung jawab terhadap makanan yang dipesan konsumen
- menjaga
kebersihan produk dalam proses produksi
- cekatan
dalam menjaga mutu produk, baik cita rasa, aroma, ataupun tekstur
- mengemas
hasil produksi
1.
|
Nama
|
Seto
Nugroho
|
2.
|
Jabatan
|
Marketing
Manager
|
3.
|
Tempat
Tanggal Lahir
|
Jakarta,
17 september 1996
|
4.
|
Alamat
Rumah
|
Jl.
Dukuh Zambrut
|
5.
|
Nomor
Telephone
|
087813246758
|
6.
|
Alamat
Email
|
Seto_nug@yahoo.com
|
7.
|
Pendidikan
Terakhir
|
SMA
|
8.
|
Pengalaman
Kerja
|
Wirausaha
|
Tugas Marketing Manager :
- mempromosikan dan menawarkan produk yang dimiliki
perusahaan melalui berbagai media
1.
|
Nama
|
Iis
trisnawati
|
2.
|
Jabatan
|
Financial
Manager
|
3.
|
Tempat
Tanggal Lahir
|
Jakarta,
11 oktober 1988
|
4.
|
Alamat
Rumah
|
Jl.
Dukuh Zambrut
|
5.
|
Nomor
Telephone
|
085624152617
|
6.
|
Alamat
Email
|
Iis_trisnawati@yahoo.com
|
7.
|
Pendidikan
Terakhir
|
SMA
|
8.
|
Pengalaman
Kerja
|
Wirausaha
|
Tugas Financial Manager :
-kepala
bagian keuangan mengkondisikan pekerja di bawahnya untuk bekerja sesuai jobdis
-
melaksanakan kegiatan keuangan dan administrasi
Di dalam
Bagan Organisasi diatas masing-masing anggota memiliki tugas,peranan, dan
tanggung jawabnya masing-masing. Setiap peranan tersebut harus dijalankan
dengan sebaik mungkin, supaya usaha yang kami buat dapat berkembang dan maju. Serta
didalam memulai suatu usaha setiap anggota harus dapat saling bekerja sama dan
bertanggung jawab dalam menjalankan peranan dan tugasnya masing-masing.
PENGEMBANGAN USAHA MARTABAK MINI
A. keunikan
produk dan pelayanan
Produk yang saya buat ini mempunyai keunikan
diantaranya setelah mencoba satu kali anda akan ketagihan dan ingin mencobanya
kembali produk yang saya buat juga bisa dimakan oleh semua kalangan dari
anak-anak sampai orang dewasa. Kami juga akan memberikan pelayanan yang terbaik
bagi pelanggan kami dengan cara selalu tersenyum dan ramah terhadap semua
pelanggan, agar pelanggan tidak bosan untuk membeli produk kami.
B. Prospektif
usaha ke depan
Prospektif usaha ke depannya adalah jika usaha saya
berkembang, saya akan memperluas daerah penjualan saya, sehingga produk yang
saya hasilkan menjadi terkenal. Tentunya dengan adanya keluhan-keluhan dari
pelanggan, saya bisa mengetahui apa kekurangannya, dan memperbaiki semua
kekurangan itu agar produk yang saya hasilkan dapat dikembangkan lagi.
C. Situasi persaingan
Semakin hari akan semakin banyak orang yang memeiliki
ide untuk membuat aneka makanan ringan dengan macam kresi yang lebih unik, maka
semakin banyak pesaing yang bermunculan tapi itu merupakan pemicu bagi saya
untuk terus berkreasi dalam menciptakan produk yang lebih unik dan baru.
D. Target pasar atau konsumen yang dituju
Pertama saya akan menawarkan kepada orang-orang
terdekat dulu di sekitar lingkungan kampus Gunadarma kemudian saya akan
titipkan di warung-warung dengan begitu orang-orang akan mengenal produk saya
ini maka akan samakin mudah saya untuk memasarkan produk ini dan
mengembangkannya, bisa juga dengan membuka usaha sendiri.
BAB III
ANALISA PEMASARAN
3.1
Produk / jasa yang dihasilkan
Keistimewaan
dari Martabak Mini :
·
Bahan
yang digunakan kualitas terbaik
·
Ada
pilihan rasa
·
Bisa
Delivery Order (min. 20 pcs)
3.1
Bauran Pemasaran / Analisi 4P
1. Produk
·
Type
: Martabak
·
Brand
: Martabak Mini
·
Quality
: Manis, Enak, Bergizi
·
Packing
: Plastik Mika
2. Price
·
Price/pcs
:
Rp. 2500
3. Promotion
·
Advertising
:
Media sosial
·
Pesonal
selling: Menjual langsung kepada
konsumen
4. Place : Di sekitar kampus Gunadarma Kalimalang
dan Lingkungan Rumah
3.3
Target dan Segmentasi Pasar
·
Geografi
Martabak Mini di pasarkan
di sekitar kampus Gunadarma Kalimalang tapi dimungkinkan Martabak Mini akan di
pasarkan di sekitar lingkungan rumah.
·
Demografi
Martabak Mini sebagai makanan ringan
yang tentunya sangat cocok di konsumsi oleh semua kalangan dengan harga
terjangkau.
3.4 Strategi Pasar
1. Perkenalan bisnis pada
masyarakat
Kami menawarkan produk yang memiliki brand “ martabak mini” yaitu berupa
makanan ringan yang menggunakan bahan utama tepung terigu rendah protein yang
sangat bermanfaat bagi kesehatan terutama bagi pertumbuhan anak-anak.
2. Menciptakan inovasi pada desain yang
di tawarkan martabak mini dengan berbagai varian rasa.
3. Meningkatkan kualitas pelayanan
Dalam mempromosikan produk, kami tidak hanya secara langsung dengan
konsumen tapi juga memanfaatkan jaringan media sosial untuk mempromosikan “martabak mini”.
Biaya Baku : Rp. 300.000,00,-
Biaya Penolong :
Rp. 150.000,00,-
Total biaya Produksi : Rp. 450.000,00,-
Biaya Cetak laporan : Rp. 5.000,00,-
Biaya ADM : Rp. 10.000,00,-
Total Biaya
Operasional : Rp. 15.000,00,-
Harga potong
produksi/potong Martabak Mini adalah :
Banana baknis =(Rp.
450.000 + Rp.15.000/300 = Rp. 1.550,-
Menentukan harga jual
Harga per pcs Martabak
Mini : Rp. 2.500
3.6 Penentuan Harga Jual
Perkiraan laba yang
diharapkan :
Rp. 2.500 – Rp. 1.550
= Rp. 950,-
BAB IV
PEMBAHASAN MASALAH
4.1
SWOT
1.Strengths (Kekuatan)
a)
Proses pembuatannya mudah dan sederhana
b)
Kualitas rasa dan tekstur produk yang khas (beda dengan yang lain).
c)
Harga jual murah meriah
d)
Memanfaatkan e-mail untuk mempromosikan produk melalui
internet.
e)
Tempat produksi ada di wilayah perumahan dan wilayah kampus Gunadarma
f)
Kemasan menarik
g)
Kualitas produk terjamin
2.Weaknesses
(Kelemahan)
a)
Harga bahan baku yang relatif tidak menentu (stabil) bahkan beberapa waktu yang
lalu sempat menglami kelangkaan.
b) Manejemen
perusahaan masih sederhana
c)
Jika tidak cepat dimakan tekstur martabak akan lembek
d) Kurang
cukup modal mengingat kita sebagai mahasiswa
e) Proses
produksi bentrok dengan jadwal kuliah
3.Opportunities
(Peluang )
a)
Pertumbuhan pasar dimungkinkan meningkat
b)
Peluang pasar untuk mendapatkan konsumen yang menjanjikan
c)
Belum ada pesaing khususnya untuk pemasaran di kampus
d)
Keterbukaan untuk menggunakan teknologi baru ke depannya untuk membuat kemajuan
besar dibidang produksi khususnya.
4. Threats
(Ancaman)
a)
Selera konsumen yang selalu berubah – ubah mempunyai pengaruh yang besar
terhadap pembelian produk
b)
Munculnya pesaing baru
BAB X
KESIMPULAN
Dimasyarakat penjualan
martabak mini belum begitu banyak, oleh sebab itu persaingan penjualannya belum
begitu sulit, sehingga pesaing pun belum begitu banyak. Hal inilah yang membuat
kami optimis bahwa penjualan martabak Mini akan diminati oleh masyarakat. Karena
produk makanan yang kami buat unik dan berbeda dari produk sejenis kebanyakan.
Dengan menjual sesuatu
yang berbeda dari produk lain, kami yakin akan menarik minat konsumen untuk
membeli produk kami. Serta dengan harga yang murah dan kualitas yang baik,
sehingga semua kalangan dapat membelinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar