PROPOSAL
RENCANA USAHA MARTABAK MINI

Di Susun Oleh :
Oni Ulfasari
2DF02
55212601
BAB I
PENDAHULUAN
Pada zaman sekarang ini, makanan ringan sudah
bukan menjadi makanan sampingan yang hanya dijadikan sebagian orang
mengkonsumsinya. Namun saat ini makanan ringan merupakan kebutuhan sampingan
yang diutamakan karena konsumsi makanan masyarakat saat ini sangat besar.
Sehingga banyak sekali para wirausahawan baru yang bermunculan saat ini
menawarkan produk mereka yang menarik.
Martabak Mini merupakan sebuah produk
makanan ringan berupa martabak namun berukuran mini. Saat ini memang banyak
bisnis martabak di masyarakat, namun kami ingin membuat suatu inovasi yang
berbeda dari martabak-martabak manis kebanyakan. Selain berukuran mini,
martabak yang kami tawarkan memiliki bentuk yang berbeda yaitu berbentuk bulat.
Untuk itu kami sangat tertarik untuk memulai bisnis ini.
VISI : Menjadikan Martabak Mini sebagai makanan
ringan yang disukai semua kalangan
MISI :
a. Menjamin
dan menjaga kualitas bahan baku yang digunakan
b. Menciptakan
inovasi bentuk dan ukuran dalam Martabak Mini
BAB II
ISI BUSINESS PLAN
Rencana bisnis kami ingin menawarkan produk
yang memiliki brand “ MARTABAK MINI” berupa makanan ringan yang menggunakan
bahan-bahan berkualitas serta dengan berbagai varian rasa seperti rasa coklat,
keju, blueberry, strawberry,kismis,kacang dan berbagai rasa tersebut dapat
dikombinasikan menjadi satu.
Dengan ukurannya yang mini serta bentuknya
bulat martabak mini kami sudah sangat berbeda dengan martabak- martabak yang lain. Selain berbeda martabak mini kami
dijual dengan tujuan agar tidak hanya kalangan orang dewasa saja yang dapat
membeli martabak, namun kalangan anak-anak sekolah pun bisa merasakan kelezatan
martabak.
BAB III
ANALISIS USAHA
1.Strengths
(Kekuatan)
a)
Proses pembuatannya mudah dan sederhana
b)
Kualitas rasa dan tekstur produk yang khas (beda dengan yang lain).
c)
Harga jual murah meriah
d)
Tempat penjualan dan konsumen telah tersedia
e)
Memanfaatkan e-mail untuk mempromosikan produk melalui
internet.
f)
Tempat produksi ada di wilayah perumahan dan wilayah kampus Gunadarma
g)
Kemasan menarik
h)
Kualitas produk terjamin
2.Weaknesses
(Kelemahan)
a)
Harga bahan baku yang relatif tidak menentu (stabil) bahkan beberapa waktu yang
lalu sempat menglami kelangkaan.
b) Manejemen
perusahaan masih sederhana
c)
Jika tidak cepat dimakan tekstur martabak akan lembek
d) Kurang
cukup modal mengingat kita sebagai mahasiswa
e) Proses
produksi bentrok dengan jadwal kuliah
3.Opportunities
(Peluang )
a)
Pertumbuhan pasar dimungkinkan meningkat
b)
Peluang pasar untuk mendapatkan konsumen yang menjanjikan
c)
Belum ada pesaing khususnya untuk pemasaran di kampus
d)
Keterbukaan untuk menggunakan teknologi baru ke depannya untuk membuat kemajuan
besar dibidang produksi khususnya.
4. Threats
(Ancaman)
a)
Selera konsumen yang selalu berubah – ubah mempunyai pengaruh yang besar
terhadap pembelian produk
b)
Munculnya pesaing baru
BAB IV
DESKRIPSI TENTANG USAHA
A. keunikan
produk dan pelayanan
Produk yang saya buat ini mempunyai keunikan
diantaranya setelah mencoba satu kali anda akan ketagihan dan ingin mencobanya
kembali produk yang saya buat juga bisa dimakan oleh semua kalangan dari
anak-anak sampai orang dewasa. Kami juga akan memberikan pelayanan yang terbaik
bagi pelanggan kami dengan cara selalu tersenyum dan ramah terhadap semua
pelanggan, agar pelanggan tidak bosan untuk membeli produk kami.
B. Prospektif
usaha ke depan
Prospektif usaha ke depannya adalah jika usaha saya
berkembang, saya akan memperluas daerah penjualan saya, sehingga produk yang
saya hasilkan menjadi terkenal. Tentunya dengan adanya keluhan-keluhan dari
pelanggan, saya bisa mengetahui apa kekurangannya, dan memperbaiki semua
kekurangan itu agar produk yang saya hasilkan dapat dikembangkan lagi.
C. Situasi persaingan
Semakin hari akan semakin banyak orang yang memeiliki
ide untuk membuat aneka makanan ringan dengan macam kresi yang lebih unik, maka
semakin banyak pesaing yang bermunculan tapi itu merupakan pemicu bagi saya
untuk terus berkreasi dalam menciptakan produk yang lebih unik dan baru.
D. Target pasar atau konsumen yang dituju
Pertama saya akan menawarkan kepada orang-orang
terdekat dulu di sekitar lingkungan kampus Gunadarma kemudian saya akan
titipkan di warung-warung dengan begitu orang-orang akan mengenal produk saya
ini maka akan samakin mudah saya untuk memasarkan produk ini dan
mengembangkannya, bisa juga dengan membuka usaha sendiri.
BAB V
RENCANA PRODUKSI
MATERIAL
Tepung terigu, gula pasir, ragi
instan, vanili bubuk, telur, air, garam, soda kue, margarin, gula pasir, susu
kental manis, mesis coklat, mesis warna-warni, keju, kacang tanah, kismis,
selai dengan 4 rasa berbeda.
|

Mempersiapkan Material
|
![]() |
Proses Produksi
|

Penataan
|
![]() |
Penyajian
|
Proses Produksi
Cara membuat:
1. Campur tepung terigu, gula pasir, ragi instan, dan vanili bubuk. Aduk rata, sisihkan.
2. Campur telur dan air, aduk rata.
3. Masukkan campuran tepung, aduk hingga terbentuk adonan yang licin.
4. Tambahkan garam, diamkan selama kurang lebih 1 jam hingga mengembang.
5. Masukkan soda kue, aduk rata.
6. Panaskan cetakan kue lumpur, tuang adonan, tekan bagian tengahnya dengan sendok sayur agar membentuk pinggiran martabak. Biarkan adonan mengeluarkan buih dan membentuk rongga, kemudian taburi dengan gula pasir, masak hingga matang dengan api kecil.
7. Angkat, oles dengan bahan olesan, taburi dengan bahan taburan sesuai selera.
8. Sajikan hangat.
BAB VI
RENCANA PEMASARAN
1. Product (produk)
Produk yang
direncanakan untuk diproduksi adalah martabak mini. Martbak mini yang telah diproduksi akan dipasarkan dengan
dikemas dalam plastik mika yang berisi 2 martabak mini.
2. Place (lokasi/distribusi)
Usaha ini
berlokasi di Dukuh Zamrut, Bekasi Timur. Adapun sasaran pasar produk
martabak mini ini adalah mahasiswa di kampus universitas Gunadarma, Masyarakat
sekitar rumah dan dititipkan di warung-warung .
3. Price (harga)
Penentuan
harga jual dilakukan dengan cara menghitung biaya produksi ditambah biaya
lain-lain dan tren yang berlaku. Jika produk yang menjadi idola (tren) harganya
pun bisa dinaikan dari standar harga normal. 1 piece martabak mini dijual
dengan harga Rp. 2.500
Adapun
rencana harga jual dari produk martabak mini ini adalah Rp. 5.000 isi 2 piece
yang di taruh di dalam plastik mika.
4. Promotion (promosi)
Promosi akan
dilakukan untuk mengenalkan produk ini kepada konsumen. Promosi akan dilakukan
dengan menempel pamflet-pamflet di pinggir jalan dan tempat-tempat strategis
lainnya. Selain itu juga akan memanfaatkan buletin yang terbit di kampus dan
media internet sebagai sarana e-mail. Untuk promosi melalui internet
akan dipromosikan lewat facebook dan situs-situs e-mail.
BAB VII
RENCANA PERMODALAN
No.
|
KETERANGAN BAHAN BAKU
|
JUMLAH
|
UNIT
|
HARGA SATUAN
|
HARGA TOTAL
|
1.
|
TEPUNG TERIGU
|
3
|
Bks
|
Rp
8.000
|
Rp
24.000
|
2.
|
GULA PASIR
|
2
|
Kg
|
Rp 12.000
|
Rp
24.000
|
3.
|
RAGI INSTAN
|
1
|
Kg
|
Rp 20.000
|
Rp
20.000
|
4.
|
VANILI BUBUK
|
3
|
Bks
|
Rp
3.000
|
Rp
9.000
|
5.
|
TELUR
|
1
|
Kg
|
Rp 18.000
|
Rp
18.000
|
6.
|
GARAM
|
1
|
Bks
|
Rp
1.000
|
Rp
1.000
|
7.
|
SODA KUE
|
2
|
Pack
|
Rp
7.000
|
Rp.
14.000
|
8.
|
MARGARIN
|
2
|
Pack
|
Rp. 7.000
|
Rp.
14.000
|
9.
|
GULA PASIR
|
2
|
Pack
|
Rp
12.000
|
Rp.
24.000
|
10.
|
SUSU KENTAL MANIS
|
5
|
Sachet
|
Rp
3.500
|
Rp
17.500
|
11.
|
MESIS COKLAT
|
2
|
Sachet
|
Rp. 5.000
|
Rp. 10.000
|
12.
|
MESIS WARNA-WARNI
|
2
|
Sachet
|
Rp. 5.000
|
Rp
10.000
|
13.
|
KEJU
|
2
|
Box
|
Rp 13.000
|
Rp. 26.000
|
14.
|
KACANG TANAH
|
1
|
Kg
|
Rp. 6.000
|
Rp. 6.000
|
15.
|
KISMIS
|
|
|
|
|
16.
|
ANEKA SELAI 4 Rasa
|
4
|
Sachet
|
Rp. 10.000
|
Rp. 40.000
|
|
TOTAL BIAYA KESELURUHAN
|
33
|
|
Rp. 112.500
|
Rp. 239.500
|
Data biaya
produksi diatas total biaya keseluruhan Rp. 239.500 itu untuk 1 kali produksi
Harga jual martabak mini 1 piece = 2.500
Dalam 1 kali produksi menghasilkan 150 piece 375000
Sehingga 2.500 x 150 = Rp. 375.000
“ Hasil 1 kali produksi – biaya 1 kali produksi “
“ Rp. 375.000 – Rp. 239.500 = Rp. 135.500”
Sehingga
keuntungan 1 kali produksi pembuatan martabak mini yaitu Rp. 135.000
BAB VIII
RENCANA ORGANISASI
1.
|
Nama
Perusahaan
|
Martabak
Mini Company
|
2.
|
Bidang
Usaha
|
Kuliner
( Makanan Ringan)
|
3.
|
Jenis
Produk/Jasa
|
Martabak
Mini
|
4.
|
Alamat
Peresahaan
|
JL.
Dukuh Zamrut
|
5.
|
Nomer
Telphone
|
089614237603
|
6.
|
Alamat
Email
|
Martabakmini@yahoo.com
|
7.
|
Mulai
Berdiri
|
09
oktober 2013
|
1.
|
Nama
|
Oni
Ulfasari
|
2.
|
Jabatan
|
Manager
|
3.
|
Tempat
Tanggal Lahir
|
Jakarta,
20 oktober 1993
|
4.
|
Alamat
Rumah
|
Jl.
Dukuh Zambrut
|
5.
|
Nomor
Telephone
|
089614237603
|
6.
|
Alamat
Email
|
Oni.ulfasari@ymail.com
|
7.
|
Pendidikan
Terakhir
|
SMA
|
8.
|
Pengalaman
Kerja
|
Wirausaha
|
Tugas Manager :
- pemilik
sekaligus pimpinan
-
bertanggung jawab teradap jalannya usaha
-
koordinasi, pengawas, dan mengarahkan seluruh kegiatan
- pengambil
keputusan
-sebagai
quality control
1.
|
Nama
|
Irma
Anita
|
2.
|
Jabatan
|
Production
Manager
|
3.
|
Tempat
Tanggal Lahir
|
Jakarta,
14 mei 1989
|
4.
|
Alamat
Rumah
|
Jl.
Dukuh Zambrut
|
5.
|
Nomor
Telephone
|
087814672536
|
6.
|
Alamat
Email
|
Irma.anita@yahoo.com
|
7.
|
Pendidikan
Terakhir
|
SMA
|
8.
|
Pengalaman
Kerja
|
Wirausaha
|
Tugas Production Manager :
- kepala
bagian produksi mengkondisikan pekerja di bawahnya untuk bekerja
sesuai
jobdis
-
bertanggung jawab terhadap persiapan dan proses produksi
-
bertanggung jawab terhadap makanan yang dipesan konsumen
- menjaga
kebersihan produk dalam proses produksi
- cekatan
dalam menjaga mutu produk, baik cita rasa, aroma, ataupun tekstur
- mengemas
hasil produksi
1.
|
Nama
|
Seto
Nugroho
|
2.
|
Jabatan
|
Marketing
Manager
|
3.
|
Tempat
Tanggal Lahir
|
Jakarta,
17 september 1996
|
4.
|
Alamat
Rumah
|
Jl.
Dukuh Zambrut
|
5.
|
Nomor
Telephone
|
087813246758
|
6.
|
Alamat
Email
|
Seto_nug@yahoo.com
|
7.
|
Pendidikan
Terakhir
|
SMA
|
8.
|
Pengalaman
Kerja
|
Wirausaha
|
Tugas Marketing Manager :
- mempromosikan dan menawarkan produk yang dimiliki
perusahaan melalui berbagai media
1.
|
Nama
|
Iis
trisnawati
|
2.
|
Jabatan
|
Financial
Manager
|
3.
|
Tempat
Tanggal Lahir
|
Jakarta,
11 oktober 1988
|
4.
|
Alamat
Rumah
|
Jl.
Dukuh Zambrut
|
5.
|
Nomor
Telephone
|
085624152617
|
6.
|
Alamat
Email
|
Iis_trisnawati@yahoo.com
|
7.
|
Pendidikan
Terakhir
|
SMA
|
8.
|
Pengalaman
Kerja
|
Wirausaha
|
Tugas Financial Manager :
-kepala
bagian keuangan mengkondisikan pekerja di bawahnya untuk bekerja sesuai jobdis
-
melaksanakan kegiatan keuangan dan administrasi
BAB IX
RESIKO
Jika Martabak Mini ini tidak laku dalam jangka waktu 2 hari, maka akan menjadi
basi dan tidak dapat dijual kembali. Serta harga
bahan baku pembuatan martabak yang tidak stabil, memungkinkan perusahaan kami
menaikan harga martabaknya.
BAB X
KESIMPULAN
Dimasyarakat penjualan
martabak mini belum begitu banyak, oleh sebab itu persaingan penjualannya belum
begitu sulit. Hal inilah yang membuat kami optimis bahwa penjualan martabak Mini
akan diminati oleh masyarakat. Karena produk makanan yang kami buat unik dan
berbeda dari produk sejenis kebanyakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar