Senin, 21 Oktober 2013

perencanaan sebuah usaha

PROPOSAL
RENCANA USAHA MARTABAK MINI
Di Susun Oleh :
ONI ULFASARI
 2DF02
55212601 
BAB I
PENDAHULUAN
Pada zaman sekarang ini, makanan ringan sudah bukan menjadi makanan sampingan yang hanya dijadikan sebagian orang mengkonsumsinya. Namun saat ini makanan ringan merupakan kebutuhan sampingan yang diutamakan karena konsumsi makanan masyarakat saat ini sangat besar. Sehingga banyak sekali para wirausahawan baru yang bermunculan saat ini menawarkan produk mereka yang menarik.
    Martabak Mini merupakan sebuah produk makanan ringan berupa martabak namun berukuran mini. Saat ini memang banyak bisnis martabak di masyarakat, namun kami ingin membuat suatu inovasi yang berbeda dari martabak-martabak manis kebanyakan. Selain berukuran mini, martabak yang kami tawarkan memiliki bentuk yang berbeda yaitu berbentuk bulat. Untuk itu kami sangat tertarik untuk memulai bisnis ini. 
VISI : Menjadikan Martabak Mini sebagai makanan ringan yang disukai semua kalangan
MISI :
a.       Menjamin dan menjaga kualitas bahan baku yang digunakan
b.      Menciptakan inovasi bentuk dan ukuran dalam Martabak Mini 
BAB II
ISI BUSINESS PLAN
    Rencana bisnis kami ingin menawarkan produk yang memiliki brand “ MARTABAK MINI” berupa makanan ringan yang menggunakan bahan-bahan berkualitas serta dengan berbagai varian rasa seperti rasa coklat, keju, blueberry, strawberry,kismis,kacang dan berbagai rasa tersebut dapat dikombinasikan menjadi satu.
    Dengan ukurannya yang mini serta bentuknya bulat martabak mini kami sudah sangat berbeda dengan martabak- martabak  yang lain. Selain berbeda martabak mini kami dijual dengan tujuan agar tidak hanya kalangan orang dewasa saja yang dapat membeli martabak, namun kalangan anak-anak sekolah pun bisa merasakan kelezatan martabak
BAB III
ANALISIS USAHA
1.Strengths (Kekuatan)
a)      Proses pembuatannya mudah dan sederhana
b)      Kualitas rasa dan tekstur produk yang khas (beda dengan yang lain).
c)      Harga jual murah meriah
d)     Tempat penjualan dan konsumen telah tersedia
e)      Memanfaatkan e-mail  untuk  mempromosikan   produk melalui internet.
f)       Tempat produksi ada di wilayah perumahan dan wilayah kampus Gunadarma
g)      Kemasan menarik
h)      Kualitas produk terjamin
2.Weaknesses (Kelemahan)
a)      Harga bahan baku yang relatif tidak menentu (stabil) bahkan beberapa waktu yang lalu sempat menglami kelangkaan.
b)     Manejemen perusahaan masih sederhana
c)     Jika tidak cepat dimakan tekstur martabak akan lembek
d)     Kurang cukup modal mengingat kita sebagai mahasiswa
e)      Proses produksi bentrok dengan jadwal kuliah
3.Opportunities (Peluang )
a)    Pertumbuhan pasar dimungkinkan meningkat
b)    Peluang pasar untuk mendapatkan konsumen yang menjanjikan
c)    Belum ada pesaing  khususnya untuk pemasaran di kampus
d)   Keterbukaan untuk menggunakan teknologi baru ke depannya untuk membuat kemajuan  besar dibidang produksi khususnya.
4. Threats (Ancaman)
a)      Selera konsumen yang selalu berubah – ubah mempunyai pengaruh yang besar terhadap pembelian produk
b)      Munculnya pesaing baru
BAB IV
DESKRIPSI TENTANG USAHA
A. keunikan produk dan pelayanan
Produk yang saya buat ini mempunyai keunikan diantaranya setelah mencoba satu kali anda akan ketagihan dan ingin mencobanya kembali produk yang saya buat juga bisa dimakan oleh semua kalangan dari anak-anak sampai orang dewasa. Kami juga akan memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan kami dengan cara selalu tersenyum dan ramah terhadap semua pelanggan, agar pelanggan tidak bosan untuk membeli produk kami.
B. Prospektif usaha ke depan
Prospektif usaha ke depannya adalah jika usaha saya berkembang, saya akan memperluas daerah penjualan saya, sehingga produk yang saya hasilkan menjadi terkenal. Tentunya dengan adanya keluhan-keluhan dari pelanggan, saya bisa mengetahui apa kekurangannya, dan memperbaiki semua kekurangan itu agar produk yang saya hasilkan dapat dikembangkan lagi.
C. Situasi persaingan
Semakin hari akan semakin banyak orang yang memeiliki ide untuk membuat aneka makanan ringan dengan macam kresi yang lebih unik, maka semakin banyak pesaing yang bermunculan tapi itu merupakan pemicu bagi saya untuk terus berkreasi dalam menciptakan produk yang lebih unik dan baru. 
D. Target pasar atau konsumen yang dituju
Pertama saya akan menawarkan kepada orang-orang terdekat dulu di sekitar lingkungan kampus Gunadarma kemudian saya akan titipkan di warung-warung dengan begitu orang-orang akan mengenal produk saya ini maka akan samakin mudah saya untuk memasarkan produk ini dan mengembangkannya, bisa juga dengan membuka usaha sendiri.
BAB V
  Proses Produksi

Cara membuat:
1. Campur tepung terigu, gula pasir, ragi instan, dan vanili bubuk. Aduk rata, sisihkan.
2. Campur telur dan air, aduk rata.
3. Masukkan campuran tepung, aduk hingga terbentuk adonan yang licin.
4. Tambahkan garam, diamkan selama kurang lebih 1 jam hingga mengembang.
5. Masukkan soda kue, aduk rata.
6. Panaskan cetakan kue lumpur, tuang adonan, tekan bagian tengahnya dengan sendok sayur agar membentuk pinggiran martabak. Biarkan adonan mengeluarkan buih dan membentuk rongga, kemudian taburi dengan gula pasir, masak hingga matang dengan api kecil.
7. Angkat, oles dengan bahan olesan, taburi dengan bahan taburan sesuai selera.
8. Sajikan hangat.

BAB VI
RENCANA PEMASARAN  
1. Product (produk)
Produk yang direncanakan untuk diproduksi adalah martabak mini. Martbak mini  yang telah diproduksi akan dipasarkan dengan dikemas dalam plastik mika yang berisi 2 martabak mini. 
2. Place (lokasi/distribusi)
Usaha ini berlokasi di  Dukuh Zamrut, Bekasi Timur. Adapun sasaran pasar produk martabak mini ini adalah mahasiswa di kampus universitas Gunadarma, Masyarakat sekitar rumah dan dititipkan di warung-warung . 
3. Price (harga)
Penentuan harga jual dilakukan dengan cara menghitung biaya produksi ditambah biaya lain-lain dan tren yang berlaku. Jika produk yang menjadi idola (tren) harganya pun bisa dinaikan dari standar harga normal. 1 piece martabak mini dijual dengan harga Rp. 2.500.
Adapun rencana harga jual dari produk martabak mini ini adalah Rp. 5.000 isi 2 piece yang di taruh di dalam plastik mika.

4. Promotion (promosi)
Promosi akan dilakukan untuk mengenalkan produk ini kepada konsumen. Promosi akan dilakukan dengan menempel pamflet-pamflet di pinggir jalan dan tempat-tempat strategis lainnya. Selain itu juga akan memanfaatkan buletin yang terbit di kampus dan media internet sebagai sarana e-mail. Untuk promosi melalui internet akan dipromosikan lewat facebook dan situs-situs e-mail.
BAB VII
RENCANA PERMODALAN 
No.
KETERANGAN BAHAN BAKU
JUMLAH
UNIT
HARGA SATUAN
HARGA TOTAL
1.
TEPUNG TERIGU
3
Bks
Rp   8.000
Rp  24.000
2.
GULA PASIR
2
Kg
Rp 12.000
Rp  24.000
3.
RAGI INSTAN
1
Kg
Rp 20.000
Rp  20.000
4.
VANILI BUBUK
3
Bks
Rp  3.000
Rp  9.000
5.
TELUR
1
Kg
Rp 18.000
Rp  18.000
6.
GARAM
1
Bks
Rp  1.000
Rp    1.000
7.
SODA KUE
2
Pack
Rp  7.000
Rp.  14.000
8.
MARGARIN
2
Pack
Rp. 7.000
Rp.  14.000
9.
GULA PASIR
2
Pack
Rp  12.000
Rp.  24.000
10.
SUSU KENTAL MANIS
5
Sachet
Rp   3.500
Rp    17.500
11.
MESIS COKLAT
2
Sachet
Rp. 5.000
Rp. 10.000
12.
MESIS WARNA-WARNI
2
Sachet
Rp. 5.000
Rp  10.000
13.
KEJU
2
Box
Rp 13.000
Rp. 26.000
14.
KACANG TANAH
1
Kg
Rp. 6.000
Rp. 6.000
15.
KISMIS
16.
ANEKA SELAI 4 Rasa
4
Sachet
Rp. 10.000
Rp. 40.000
TOTAL BIAYA KESELURUHAN
33
Rp. 112.500
Rp. 239.500

Data biaya produksi diatas total biaya keseluruhan Rp. 239.500 itu untuk 1 kali produksi
Harga jual martabak mini 1 piece  = 2.500
Dalam 1 kali produksi menghasilkan 150 piece 375000
Sehingga 2.500 x 150 = Rp. 375.000
“ Hasil 1 kali produksi – biaya 1 kali produksi “
“ Rp. 375.000 – Rp. 239.500 = Rp. 135.500”
Sehingga keuntungan 1 kali produksi pembuatan martabak mini yaitu Rp. 135.000
BAB VIII
RENCANA ORGANISASI   

1.
Nama Perusahaan
Martabak Mini Company
2.
Bidang Usaha
Kuliner ( Makanan Ringan)
3.
Jenis Produk/Jasa
Martabak Mini
4.
Alamat Peresahaan
JL. Dukuh Zamrut
5.
Nomer Telphone
089614237603
6.
Alamat Email
Martabakmini@yahoo.com
7.
Mulai Berdiri
09 oktober 2013
 
1.
Nama
Oni Ulfasari
2.
Jabatan
Manager
3.
Tempat Tanggal Lahir
Jakarta, 20 oktober 1993
4.
Alamat Rumah
Jl. Dukuh Zambrut
5.
Nomor Telephone
089614237603
6.
Alamat Email
Oni.ulfasari@ymail.com
7.
Pendidikan Terakhir
SMA
8.
Pengalaman Kerja
Wirausaha

Tugas Manager :
- pemilik sekaligus pimpinan
- bertanggung jawab teradap jalannya usaha
- koordinasi, pengawas, dan mengarahkan seluruh kegiatan
- pengambil keputusan
-sebagai quality control
 
1.
Nama
Irma Anita
2.
Jabatan
Production Manager
3.
Tempat Tanggal Lahir
Jakarta, 14 mei 1989
4.
Alamat Rumah
Jl. Dukuh Zambrut
5.
Nomor Telephone
087814672536
6.
Alamat Email
Irma.anita@yahoo.com
7.
Pendidikan Terakhir
SMA
8.
Pengalaman Kerja
Wirausaha

Tugas Production Manager :
- kepala bagian produksi mengkondisikan pekerja di bawahnya untuk bekerja
sesuai jobdis
- bertanggung jawab terhadap persiapan dan proses produksi
- bertanggung jawab terhadap makanan yang dipesan konsumen
- menjaga kebersihan produk dalam proses produksi
- cekatan dalam menjaga mutu produk, baik cita rasa, aroma, ataupun tekstur
- mengemas hasil produksi
1.
Nama
Seto Nugroho
2.
Jabatan
Marketing Manager
3.
Tempat Tanggal Lahir
Jakarta, 17 september 1996
4.
Alamat Rumah
Jl. Dukuh Zambrut
5.
Nomor Telephone
087813246758
6.
Alamat Email
Seto_nug@yahoo.com
7.
Pendidikan Terakhir
SMA
8.
Pengalaman Kerja
Wirausaha

Tugas Marketing Manager :
- mempromosikan dan menawarkan produk yang dimiliki perusahaan melalui berbagai media
1.
Nama
Iis trisnawati
2.
Jabatan
Financial Manager
3.
Tempat Tanggal Lahir
Jakarta, 11 oktober 1988
4.
Alamat Rumah
Jl. Dukuh Zambrut
5.
Nomor Telephone
085624152617
6.
Alamat Email
Iis_trisnawati@yahoo.com
7.
Pendidikan Terakhir
SMA
8.
Pengalaman Kerja
Wirausaha

Tugas Financial Manager :
-kepala bagian keuangan mengkondisikan pekerja di bawahnya untuk bekerja sesuai jobdis
- melaksanakan kegiatan keuangan dan administrasi
BAB IX
RESIKO
Jika Martabak Mini ini tidak laku dalam jangka waktu 2 hari, maka akan menjadi basi dan tidak dapat dijual kembali. Serta harga bahan baku pembuatan martabak yang tidak stabil, memungkinkan perusahaan kami menaikan harga martabaknya.
BAB X
KESIMPULAN
Dimasyarakat penjualan martabak mini belum begitu banyak, oleh sebab itu persaingan penjualannya belum begitu sulit. Hal inilah yang membuat kami optimis bahwa penjualan martabak Mini akan diminati oleh masyarakat. Karena produk makanan yang kami buat unik dan berbeda dari produk sejenis kebanyakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar