5 Manfaat dari Komunikasi yang
Efektif untuk Bisnis
Ada satu
rumah makan ayam di Surabaya yang cukup terkenal kelezatannya. Dulu rumah makan
ini sangat ramai sehingga untuk membeli saja harus mengantri lama. Sekarang
rumah makan ini sudah memiliki beberapa cabang, namun anehnya setiap cabangnya
sepi dan tidak seramai jaman dulu padahal rasanya masih sama. Hal ini terjadi
diakibatkan pihak rumah makan tersebut kurang dapat melakukan komunikasi yang
efektif bagi para pelanggan setia maupun pelanggan baru.
Komunikasi
merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi bisnis baik internal maupun
eksternal secara langsung maupun tidak langsung. Semakin besar skala bisnisnya,
semakin dibutuhkan komunikasi yang efektif. Berikut ada 5 manfaat memiliki
komunikasi yang efektif untuk bisnis.
1. Menyelesaikan
masalah lebih cepat
Ketika
didapati sebuah masalah maka biasanya selalu ada diskusi untuk menyelesaikan
masalah tersebut. Apabila orang-orang yang terlibat tidak dapat saling
berkomunikasi secara efektif, maka akan lebih susah untuk mengerti maksud dari
pembicaraan. Dampaknya adalah lebih sulit untuk mencari akar permasalahan yang
akhirnya membutuhkan waktu lebih lama untuk menemukan solusinya.
2. Meningkatkan
produktivitas
Semakin
besar perusahaan maka semakin kompleks pula struktur organisasinya dan cara
komunikasi antar karyawan. Contoh dalam perusahaan teknologi apabila komunikasi
antara project manager dengan anggota tim teknis yang lain tidak efektif,
bayangkan saja berapa lama waktu tidak produktif yang harus dihabiskan hanya
untuk membuat para teknisi mengerti apa yang dimaksud oleh project manager.
Jadi semakin efektif komunikasinya maka semakin cepat orang lain mengerti apa
yang dibicarakan sehingga eksekusi pun lebih cepat.
3. Hubungan
kerjasama yang lebih baik
Suatu bisnis
akan berkembang lebih cepat apabila terjalin kerjasama dengan pihak lain.
Contoh katakanlah ada usaha toko roti yang ingin meningkatkan jumlah produksi
per harinya. Pastinya untuk memenuhi kebutuhan bahan baku roti tersebut apabila
hanya membeli eceran seperti biasa pasti biaya yang dikeluarkan akan semakin
mahal. Berbeda halnya apabila melakukan kerjasama dengan pemasok yang akhirnya
mendapatkan harga spesial yang pastinya akan lebih menghemat pengeluaran.
4. Promosi
lebih mudah
Bisnis yang
berskala besar pasti memiliki bagian pemasaran khusus yang dapat bekerja penuh
untuk memasarkan produk tersebut. Namun bukan berarti ketika kita ingin
mendirikan startup sudah harus menyiapkan divisi pemasaran khusus apalagi jika
modal dan sumber daya manusia yang kita miliki terbatas. Dengan memiliki
kemampuan komunikasi yang efektif, kita dapat mengenalkan produk ke masyarakat
lebih mudah karena mereka dapat langsung mengerti produk baru yang kita
luncurkan.
5. Meningkatkan
kesan profesional
Ketika kita
berkomunikasi dengan orang lain secara efektif, maka orang tersebut akan nyaman
selama berbicara dengan kita. Hal ini juga akan menimbulkan kesan bahwa kita
orang yang profesional karena orang yang diajak bicara dapat mengerti maksud
pembicaraan dengan mudah.
Itulah 5
manfaat memiliki komunikasi yang efektif untuk bisnis. Milikilah kemampuan
komunikasi yang efektif supaya bisnis Sobat Studentpreneur dapat meningkat dan
berkembang lebih cepat.
Sumber : https://id.berita.yahoo.com/5-manfaat-dari-komunikasi-yang-052650312.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar