Tujuh Rahasia Bersikap Dalam Komunikasi
Bisnis
Apakah Anda
tahu bagaimana caranya diperhatikan di tempat kerja? Komunikasi adalah salah
satu keterampilan penting di tempat kerja, namun kesukesesan bukan hanya
tergantung pada apa yang Anda katakan, namun bagaimana Anda mengatkannya.
1. Bersikaplah
profesional. Terlihat profesional adalah langkah pertama untuk bisa
bersikap profesional, orang akan lebih serius menanggapi Anda jika penampilan
Anda baik. Ini juga berlaku untuk sikap tubuh, jadi tataplah mata orang yang
Anda ajak bicara dan juga jagalah postur tubuh Anda, jika tidak Anda akan
terlihat kurang percaya diri.
2. Menjalin
hubungan dengan lebih pribadi. Ingatlah nama orang dan mereka akan
mengingat Anda. Sebisa mungkin hindari memanggil seseorang dengan sebutan "Dear
Sir/Madam". Ingatlah bahwa melakukan berbisnis adalah membangun
hubungan.
3. Bersikaplah
formal, tapi bukan kepada staf Anda. Jika Anda bersikap terlalu formal,
maka orang tidak akan bisa bersikap nyaman disekitar Anda. Bersikap terlalu
santai juga akan membuat orang lain tidak menganggap Anda dengan serus. Yang
terbaik adalah tepat berada di tengah.
4. Berbicaralah
dengan jelas dan ringkas. Langsunglah ke akar permasalahan dengan segera
dan tidak usah berputar-putar dengan kata-kata, jangan menganggap bahwa orang
yang Anda ajak bicara tahu Anda dan mengapa Anda menghubungi mereka - mereka
mungkin perlu diingatkan latar belakang permasalahannya.
5. Membalas
surat dengan cepat. Beritahu bahwa Anda telah menerima email penting atau
telepon, dan jika Anda pergi lebih lama dari sehari, beritahu mereka bahwa Anda
akan berada di luar kantor.
6. Bersikap
tenang. Dalam pekerjaan apapun, situasi sulit akan muncul. Kehilangan
temperamen tidak akan membantu Anda, bahkan akan memperumit keadaan. Tunjukkan
bahwa Anda dapat mengatasi ketegangan, dan orang lain akan melihatnya dan
membari Anda tanggung jawab yang lebih besar di masa yang akan datang.
7. Tetap
diam dan dengarkan! Komunikasi adalah dua arah. Dengarkan pendapat orang
lain, jangan menyela saat orang lain bicara, dan jangan abaikan kritik. Kita
semua pernah berbuat salah dan rekan kerja kita sering memiliki saran yang
baik. Juga, orang akan lebih senang mendengarkan Anda jika mereka lihat Anda
juga mendengarkan mereka!
Sumber : http://www.ef.co.id/englishfirst/english-learning/tipsbelajar/rahasia-komunikasi-bisnis.aspx
Tidak ada komentar:
Posting Komentar